Kamis, 15 September 2011

Mutiara Aqidah Islam (bagian 1)


Definisi Aqidah secara bahasa :
1. Kata "Aqidah" diambil dari kata "al-Aqdu" yakni ikatan dan terikat kuat. 
Ia juga berarti pemantapan, penetapan, kait-mengait, tempel menempel dan penguatan. 

Perjanjian dan penegasan sumpah juga disebut dengan 'aqdu. Jual beli pun juga disebut dengan 'aqdu.
(Mu'jam Maqayis al-Lughah, juz 4/86-90. Lisanul Arab juz 3/296-300 dan al-Qamusal Muhith, hal 383-384)

Syaikh Dr.Shaleh al-Fauzan hafidzahullah berkata : "Aqidah juga bisa disebut dengan keyakinan. Karena dia mengikat pemiliknya dengan apa yg diyakini nya." (Kitab tauhid juz 1)

2. Definisi Aqidah Menurut Istilah Umum
Istilah "Aqidah didalam istilah umum dipakai untuk menyebut keputusan pikiran yang mantap, baik pikiran itu benar atau salah.

Jika keputusan pikiran yang mantap itu benar. maka itulah yg disebut "Aqidah yang benar". seperti keyakinan umat Islam tentang ke-Esaan Allah subhanahu wa ta'ala.
Dan jika keputusan berpikir itu salah. maka itulah yang disebut "aqidah yang Bathil" 
seperti keyakinan orang nasrani bahwa Allah itu adalah salah satu dari tiga Tuhan atau seperi orang yahudi bahwa uzair adalah anak Allah.

Istilah Aqidah juga digunakan untuk menyebut kepercayaan yang mantap dan keputusan yang tegas yang tidak bisa dihinggapi oleh keraguan dan kebimbangan. yaitu apa-apa yg dipercaya oleh seseorang, lalu diikat oleh hatinya, dan dijadikan sebagai agama yg dianut, tanpa melihat benar atau salahnya. (lihat, Mabahits fi Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama'ah, hal 9. Syaikh Dr.Nashir al-Aql)




3. Definisi Aqidah Menurut Istilah Khusus
Jika disebut aqidah secara khusus. maka itulah aqidah islam.
Aqidah Islam adalah kepercayaan yang mantap kepada Allah, para Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari kiamat, takdir baik dan buruk. (Kitab Tauhid juz 1). serta seluruh yg dimuat oleh al-Quran dan as-Sunnah as-Shahihah baik berupa pokok-pokok agama, perintah-perintah dan berita-beritanya. serta apa yang telah disepakati oleh generasi salafus shaleh (ijma' para sahabat, tabi'in dan tabi' tabi'in). (lihat, Mabahits, hal 9-10)

kesimpulan nya :
1. Secara ringkas akidah adalah keyakinan seseorang. terlepas dari benar atau tidak nya. maka setiap org pasti punya aqidah, baik itu orang bodoh sekalipun. bahkan orang atheis sekalipun. punya aqidah atau keyakinan masing-masing. Ini secara Umum.
2. Jika aqidah itu benar. maka disebut "Aqidah yang benar" jika aqidah tau keyakinan itu salah maka disebut "aqidah yang salah"
3. Aqidah secara khusus adalah aqidah islam. yakni iman kepada Allah, kepada Malaikat, kepada Kitab Allah, kepada Nabi dan Rasul, kepada hari kiamat, kepada takdir baik maupun buruk. 


Daftar Pustaka :
1. Kitab Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah, karya Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Hamd. Diterjemahkan dg judul Ringkasan Keyakinan Islam oleh pustaka Elba
2. Kitab Tauhid, Syaikh Dr.Shaleh al-Fauzan
3. Mabahits fi Aqidah Ahlis Sunnah wal Jama'ah karya Syaikh Dr.Nashir al-Aql. sudah diterjemahkan oleh pustaka darul haq


bersambung bag 2



Jambi, 15-09-2011



Prima Ibnu Firdaus ar-Rani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar