Selasa, 20 September 2011

Mutiara Aqidah Islam (bagian 2)



Mutiara Aqidah Islam (bag 2)

Assalamu'alaikum.
Alhamdulillah. semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam, keluarga beliau, sahabat beliau dan org yg mengikuti mereka degan baik sampai akhir zaman.

Amma ba'du.
Alhamdulillah, sudah dijelaskan tentang Definisi aqidah.
Baik itu menurut bahasa atau istilah umum dan khusus.
Sekarang kita mendengar orang berkata " Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama'ah"

‎1. Aqidah Ahlus sunnah wal Jama'ah.
Jika disebut demikian. maka yg dimaksud adalah Aqidah Islam yg bersih. Aqidah yg murni. Aqidahnya Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam dan para sahabatnya.

Yang jadi pertanyaan sekarang adalah apa itu ahlus sunnah wal jama'ah dan siapa mereka...?
Wahai saudara ku -semoga Allah memberimu ilmu yg bermanfaat.

Ahlus Sunnah wal Jama'ah itu terdiri dari dua kata.
1. Ahlus Sunnah
2. al-Jama'ah

Pertama : Ahlus Sunnah. kata-kata "Ahlu berarti Ahli" sedangkan "Sunnah secara bahasa adalah "jalan atau sirah. baik yg terpuji maupun yg tercela" sedangkan "Sunnah" menurut istilah adalah "Jalan hidup yang dilalui oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam dan para Sahabat nya, baik dalam bidang ilmu, aqidah, ibadah, perkataan, perbuatan maupun ketetapan."

kata-kata "sunnah" juga dipakai dlm ilmu hadits. juga dipakai oleh ilmu ushul. juga dipakai dlm ilmu fiqih. Namun yg di inginkan disini adalah "sunnah" yang kami sebutkan diatas.

Sedangkan "al-Jama'ah" diambil dari kata al-jam'u yg artinya adalah menggabungkan sesuatu dengan cara mendekatkan sebagian dengan sebagian yg lain nya.

Jama'ah adalah lawan dari perpecahan. Jama'ah juga diartikan kumpulan orang-orang dalam jumlah yang banyak. Ini definisi secara bahasa.

Sedangkan secara istilah al-jama'ah adalah orang yg sesuai dengan kebenaran meskipun dia sendirian.

Definisi ini disebutkan oleh sahabat Nabi yakni Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu'anhu. (lihat Syarah Ushul I'tiqad Ahlis Sunnah wal Jama'ah kry Al-Laalikaa'i)

Kebenaran yang dimaksud adalah al-Quran dan as-sunnah.

Dengan demikian jika disebut "Ahlus Sunnah wal Jama'ah" adalah orang yang berpegang teguh kepada Sunnah Nabi shallallahu'alaihi wa sallam dan para sahabat-sahabatnya beserta orang-orang yg mengikuti mereka dan berjalan dijalan mereka dalam perkara aqidah, ibadah, perkataan, perbuatan dan menjauhi bid'ah, meskipun dia sendirian." ini definisi ahlus sunnah wa jama'ah.

Kesimpulan : Secara ringkas ahlus-sunnah wal jama'ah adalah org yg mengikuti Nabi dan para sahabat didalam perkara agama dan berpegang teguh diatas nya walaupun dia sendirian.

Selesai -Alhamdulillah-

Diringkas dr kitab "al-Wajiz min aqidatis salaf ash-shalih ahlis sunnah wal jama'ah karya Syaikh Abdullah bin Abdul Hamid al-Atsari. Sudah diterjemahkan dengan judul Ringkasan Keyakinan Islam. pustaka Elba.

Semoga bermanfaat

Jambi, 20-09-2011

Prima Ibnu Firdaus ar-Rani al-Jambi (Abu Abdillah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar